fbpx
02 Oct

Inilah Makna Filosofis yang Terkandung dalam Bendera Indonesia

makna_bendera_indonesia

Inilah Makna Filosofis yang Terkandung dalam Bendera Indonesia

Sulit rasanya untuk tidak berbangga hati saat melihat bendera merah putih berkibar di angkasa. Betapa gagah dan eloknya bendera negara Indonesia ini di atas sana, seolah meraih angkasa.

Dan bukan sekadar selembar kain dengan dua warna, bendera merah putih memiliki makna yang lebih dalam daripada itu. Sebagai bendera dari sebuah negara yang dengan sekuat tenaga memperjuangkan kemerdekaannya, segala hal yang ada di dalam bendera merah putih memiliki makna filosofis sendiri. Nah, apa sajakah makna-makna filosofis itu? Kenali lebih dekat bendera negara kita di sini:

Makna dari warna merah

Dalam warna merah yang diusung oleh bendera Indonesia, terdapat sebongkah besar keberanian.

Dilansir dari buku berjudul Spiritualisme Pancasila, warna merah menggambarkan keberanian manusia. Merah sebagai simbol keberanian berangkat dari warna ‘dasar’ tubuh manusia (yang dialiri oleh darah, dan pada saat lahir cenderung berwarna merah hingga sering disebut dengan julukan ‘bayi merah’.

Makna dari warna putih

Bila merah melambangkan keberanian dan terinspirasi dari warna darah yang mengaliri tubuh manusia, maka warna putih terinspirasi dari ‘warna ruh’ manusia. Ruh identik dengan warna putih, karena ruh dianggap sebagai elemen yang bersih.

Maka, warna putih yang ada di dalam bendera Indonesia menggambarkan kesucian. Bahwa bangsa Indonesia memiliki niat yang suci dalam menjaga negara ini untuk tetap damai serta menomorsatukan kemanusiaan baik bagi negara Indonesia maupun negara lain.

Proses perpaduan warna merah dan putih menjadi bendera pusaka NKRI.

Perpaduan antara warna merah dan putih

Perpaduan antara merah dan putih juga dapat diibaratkan sebagai beberapa hal. Yang pertama adalah bumi dan langit. Terinspirasi dari kaum Austronesia di masa lampau, langit disimbolkan dengan warna putih, dan tanah dengan warna merah.

Dalam budaya Jawa kuno, warna merah dan putih juga merupakan simbol dari penyatuan lelaki dan perempuan. Rahim dan sel telur perempuan disimbolkan dengan warna merah. Sementara itu, air mani lelaki disimbolkan dengan warna putih.

Bukan hanya warna, begitu dalam makna dari merah dan putih dalam bendera Indonesia. Itulah alasan mengapa kita harus meresapi makna filosofis dan bendera tercinta, agar kita dapat menerapkannya ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang kita jalani.