fbpx
05 Nov

Tiga Momen Paling Mengharukan Saat Bendera Indonesia Berkibar

3 Momen Paling Mengharukan Saat Bendera Indonesia Berkibar

Bagi kita semua, detik-detik saat bendera Indonesia berkibar di tanggal 17 Agustus tahun 1945 mungkin adalah saat-saat yang paling mengharukan. Di waktu itulah untuk pertama kalinya kita berdiri sebagai sebuah bangsa yang merdeka. Hingga saat ini, peristiwa itu menjadi kenangan yang selalu memberikan rasa haru ke dalam hati seluruh rakyat Indonesia.

Selain peristiwa bendera Indonesia berkibar di Hari Proklamasi, kita masih memiliki beberapa momen penting yang tak kalah mengharukannya. Berikut beberapa di antaranya!

Berkibarnya Sang Merah Putih di Hotel Yamato

Insiden Hotel Yamato adalah salah satu peristiwa heroik terkait sang merah putih. Peristiwa yang terjadi di Hotel Yamato, Surabaya pada tanggal 10 Novemver 1945 ini didahului oleh gagalnya perundingan antara Sudirman dengan W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda di sana.

Kegagalan perundingan yang mengundang baku tembak itu akhirnya membuat Hariyono, salah satu pemuda bersama Kusno Wibowo naik dan memanjat tiang bendera. Bendera Belanda kemudian diturunkan dan dirobek bagian birunya. Bendera Indonesia berkibar diiringi dengan teriakan ‘Merdeka’ berulang kali.

Berkibarnya Sang Merah Putih di Papua

Pembebasan Papua sejak dulu memang tak terlepas dari berbagai kontroversi. Sejak tahun 1961, Presiden Soekarno sudah curiga Belanda sedang mencoba menghalangi Papua untuk bergabung dengan Indonesia dan menjadikannya negara boneka. Setelah perundingan tidak berjalan lancar, kontak senjata antara Indonesia dengan Belanda pun tak terelakkan.

Setelah pertempuran sengit, Sersan Udara Mengko yang waktu itu memimpin serangan memerintahkan anak buahnya menebang pohon setinggi empat meter. Dia lantas mengeluarkan merah putih dari tasnya dan bendera Indonesia berkibar untuk pertama kali di tanah Papua pada tanggal 21 Mei 1962.

Berkibarnya Sang Merah Putih Saat Kemenangan Para Atlet

Setelah atlet meraih kemenangan, tidak ada momen yang lebih mengharukan bagi kita kecuali mendengarkan gema lagu kebangsaan mengiringi berkibarnya sang saka merah putih. Kemenangan Lalu Ahmad Zohri, pelari Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 beberapa waktu yang lalu pun semakin mengharukan saat dirinya membawa Sang Merah Putih di punggungnya. Pada Asean Games beberapa waktu yang lalu pun banyak momen serupa yang sukses membuat kita menitikkan air mata.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia peraih medali emas Asian Games 2018 Jonatan Christie melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih saat upacara penyerahan medali di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah/tom/18.

Sebenarnya kita tidak memerlukan momen khusus untuk melihat bendera Indonesia berkibar. Anda bisa memesan atau membeli bendera untuk diletakkan di kantor, di atas meja atau mungkin di kamar Anda sendiri. Melihat sang merah putih setiap hari, tentu saja akan menambah rasa cinta kita terhadap NKRI.