fbpx
26 Sep

Tiga Peristiwa Menarik Seputar Pengibaran Bendera Merah Putih di Daerah Pelosok

Tiga Peristiwa Menarik Seputar Pengibaran Bendera Merah Putih di Daerah Pelosok

Sebagai sebuah ritual sakral di dalam berbagai acara kenegaraan, pengibaran bendera sering kali diwarnai dengan beragam peristiwa menarik yang menimbulkan kesan mendalam. Uniknya, peristiwa-peristiwa menarik ini biasanya terjadi di daerah-daerah pelosok Indonesia yang jauh dari kata gemerlap. Hal ini sejatinya mencerminkan bahwa rasa nasionalisme bisa tumbuh di mana saja.

Dari berbagai peristiwa menarik seputar pengibaran bendera merah putih di daerah pelosok, ada 3 peristiwa yang patut Anda jadikan pelajaran mengenai rasa nasionalisme, 3 peristiwa tersebut adalah:

1. Aksi Joni Memanjat Tiang Bendera

Masih lekat di benak kita aksi seorang Yohanes Gama Marschal Lau alias Joni yang sempat viral beberapa waktu yang lalu. Bocah SMP berusia 13 tahun asal Atambua, Nusa Tenggara Timur ini dengan berani memanjat tiang bendera setinggi puluhan meter untuk memperbaiki tali bendera yang macet.

Peristiwa ini kemudian menjadi viral sehingga Joni akhirnya diundang oleh Presiden ke istana negara untuk menerima penghargaan dan beasiswa. Joni juga menerima sepeda serta beragam bantuan dari instansi pemerintahan seperti Kemendikbud, PLN, dan Kemenlu.

Joni menonton pembukaan ajang Asian Games di kursi para menteri.

2. Semangat Emansipasi di Ujung Perbatasan Papua

Ada yang menarik dari pengibaran bendera di Distrik Manem, Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan wilayah Papua Nugini. Pemimpin upacara HUT ke-73 RI di tempat ini rupanya adalah seorang wanita bernama Yohanna Waas.

Perempuan asli Papua ini merasa bangga untuk diberikan kepercayaan memimpin upacara bendera di perbatasan Indonesia. Upacara ini pun turut disaksikan oleh Bupati Keerom, para warga dari kampung-kampung perbatasan, serta perwakilan dari siswa SD, SMP, dan SMA di wilayah Keerom dan sekitarnya.

3. Tangisan Paskibra di Pulau Maratua

Pengibaran bendera merah putih di Pulau Maratua, Kalimantan Timur diwarnai insiden putusnya tali bendera. Hal ini membuat para petugas paskibra menangis sejadi-jadinya setelah upacara selesai. Meski pada akhirnya tali bendera berhasil diperbaiki dan upacara berlangsung seperti biasa, kejadian ini sempat membuat belasan anggota pengibar bendera merah putih histeris sehingga harus ditenangkan oleh warga.

Itulah 3 peristiwa menarik seputar pengibaran bendera merah putih di pelosok Indonesia. Mana dari tiga kejadian tersebut yang paling Anda sukai?